spmb20162Gedung SPs UIN Jakarta, BERITA SEKOLAH Online – Sekolah Pascasarjana (SPs) UIN Jakarta menyeleksi 84 peserta pada penerimaan calon mahasiswa baru semester genap tahun akademik 2017/2018. Seleksi digelar selama dua hari pada 31 Januari-1 Februari 2017 lalu di beberapa ruang kelas, termasuk ruang Resource Center.

 

Peserta seleksi merupakan program calon mahasiswa reguler bidang pengkajian Islam, terdiri atas Program Magister (S2) sebanyak 54 orang dan Program Doktor (S3) sebanyak 30 orang. Mereka berasal dari berbagai lulusan perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri, di seluruh Indonesia.

Kepala Sub Bagian Akademik dan Administrasi Umum Retno Wulansari MSi menjelaskan, seleksi calon mahasiswa baru dlilakukan secara ketat. Hal itu dimaksudkan agar diperoleh calon mahasiswa yang memiliki kompetensi keilmuan memadai disamping untuk tetap menjaga mutu lulusan.

“Seleksinya ketat. Jadi, mereka (peserta ujian, Red) harus bersaing untuk memperebutkan jumlah kursi yang terbatas,” katanya, Rabu (1/2/2017).

Pada seleksi tersebut, materi ujian pada hari pertama berupa ujian tulis yang meliputi Tes Potensi Akademik, TOEFL, dan TOAFL. Sedangkan pada hari kedua, materi ujian berupa lisan yang meliputi ujian proposal tesis/disertasi, tekst reading bahasa Arab dan bahasa Inggris, serta wawasan keislaman.

“Bobot materi ujian setiap program tentu saja berbeda. Hal itu sesuai dengan kapasitas masing-masing peserta,” ujar Retno.

Menurut Retno, hasil kelulusan ujian akan diumumkan pada 10 Februari 2017 mendatang dan bagi yang dinyatakan lulus wajib mendaftar ulang pada 13-17 Februari 2017. Pengisian kartu rencana studi (KRS) secara online dilakukan pada 13-23 Feruari 2017 dan Orientasi Studi pada 22-24 Februari 2017. Sedangkan awal perkuliahan akan dimulai pada 6 Maret 2017. (lrs/ns)