SPs coventryGedung SPs, BERITA SEKOLAH Online - Sekolah Pascasarjana (SPs) UIN Jakarta terus memperluas jaringan kerja sama internasional. Hal itu dilakukan guna memperkuat tradisi akademik serta mendapatkan akses penelitian dan pembelajaran yang berstandar global.

 

Saat menerima kunjungan Prof Dr Mike Hardy dari Coventry University, Inggris, Kamis (19/1), di gedung SPs UIN Jakarta, Direktur SPs UIN Jakarta Prof Dr Masykuri Abdillah mengatakan, Coventry University merupakan salah satu universitas terbaik di Inggris. Karena itu SPs UIN Jakarta akan bekerja sama terutama dalam bidang studi perdamaian. Kerja sama ini akan ditindaklanjuti dalam bentuk pembukaan kesempatan kepada mahasiswa untuk studi singkat dalam bentuk pertukaran mahasiswa (exchange  student) atau dengan pola gelar ganda (double degree).

“Sebagai tahap awal, kerja sama dengan Coventry University akan fokus kepada kajian perdamaian (peace studies),” ujarnya menandaskan.

Sementara itu, Mike Hardy mengatakan, pihaknya menyambut baik jika kerja sama antara Coventry University dan SPs UIN Jakarta segera dilakukan. Karja sama ini tak hanya untuk meningkatkan bubungan baik antarkedua negara (Inggris-Indonesia), tetapi juga untuk bersama-sama  menciptakan perdamaian dunia.

“Saya kira antara Coventry University dan SPs UIN Jakarta juga memiliki kesamaan misi, yaitu membangun kehidupan yang harmonis antarsesama tanpa saling berprasangka,” kata Direktur Eksekutif The Centre for Trust Peace and Social Relations itu.

Coventry University adalah salah satu universitas ternama di Kota Coventry, Inggris. Univeritas ini didirikan sejak 1970 dan memiliki empat fakultas serta pascasarjana program magister dan doktor. Bagi para pemburu beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di Indonesia, universitas ini di antaranya juga menjadi rujukan untuk melanjutkan studi. (ns)