conventry universityGedung SPs, BERITA SEKOLAH Online - UIN Jakarta dan Coventry University, Inggris, sepakat melakukan kerja sama dalam bidang pengembangan akademik.

Kesepakatan itu dituangkan dalam naskah kerja sama yang ditandatangani Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada dan Wakil Rektor Coventry University Inggris Prof Richard Dashword di Auditorium SPs UIN Jakarta, Kamis (9/3/2017). Turut mendampingi Rektor Direktur SPs UIN Jakarta Prof Dr Masykuri Abdillah, Ketua Program Doktor Prof Dr Didin Saepuddin, dan Ketua Program Magister Dr JM Muslimin.

Salinan kerja sama mencatat, melalui kesepakatan ini, UIN Jakarta dan Coventry University siap melakukan pertukaran pengiriman mahasiswa dan dosen, kerja sama riset, dan publikasi artikel ilmiah. Dengan begitu, kedua belah pihak berharap saling menumbuhkan iklim akademik masing-masing, baik di kalangan dosen maupun mahasiswa.

Menanggapi kesepakatan itu, Rektor berharap para dosen dan mahasiswa UIN Jakarta bisa memanfaatkannya untuk melakukan pertukaran publikasi dan kerja sama riset baik di UIN Jakarta maupun Coventry University. “Mahasiswa yang memiliki kemampuan bahasa Inggris maupun bahasa Arab, akan kita upayakan untuk kuliah di luar negeri, baik dalam bentuk short course maupun pertukaran mahasiswa,” ujar Rektor.

Respon senada disampaikan Richard. Menurutnya, Coventery University sengaja menunjuk UIN Jakarta sebagai mitra kerja sama akademik. Dalam penilaian Coventry, UIN Jakarta merupakan salah satu perguruan tinggi potensial untuk kajian keislaman dan pengetahuan di Indonesia.

Berdasar itu, kita ajukan tawaran kerja sama. Mudah-mudahan bisa berkontribusi besar dalam penumbuhan iklim akademik masing-masing perguruan tinggi,” ujarnya.

Sebagai informasi, Coventry University merupakan salah satu perguruan tinggi riset Inggris yang berlokasi di Coventry. Perguruan tinggi yang semula bernama Lanchester Polytechnic (1970-1987) dan Coventry Polytechnic (1987-1992) ini menawarkan empat fakultas, yaitu School of Art and Design; Faculty of Business, Enivorenment and Society; Faculty of Engineering and Computing; dan Faculty of Health and Life Sciences. Survei National Student Survey 2013 mencatat, 90 persen mahasiswa universitas ini mengaku puas dengan jurusan yang ditawarkan Coventry University. (ns/wildan)