CONTACT US

Kampus Sekolah Pascasarjana
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta


Jl. Kertamukti No.5 Pisangan Barat,
Cireundeu - Ciputat 15419

Phone   :(+62-21) 740 1472, 74709260
Fax       :(+62-21) 747 00919
Mail       : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. , This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Website: http://graduate.uinjkt.ac.idGaleri    : Video Kegiatan

Hotline Support :

   
       

QUHAS

JOURNAL OF QUR'AN AND HADITH STUDIES (QUHAS), Jurnal ini diterbitkan oleh asosiasi pengkaji al-Qur’an dan Hadith yang bernama Qur’an and Hadith Academic Society, yang beralamat di Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta.Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun,dan berisi tentang kajian di sekitar al-Qur’an,Hadith dan penafsiran/pemahamannya.

1. QUHAS Edisi 1

2. QUHAS Edisi 2

JURNAL INDO-ISLAMIKA

JURNAL INDO-ISLAMIKA adalah Jurnal Islam Indonesia yang diterbitkan dua kali dalam setahun oleh Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah jakarta. Secara spesifik, jurnal ini memuat tulisan tentang kajian multidisiplin Islam Indonesia dalam perspektif para sarjana, ilmuwan, dan cendekiawan.

1. INDO-ISLAMIKA Volume 1

2. INDO-ISLAMIKA Volume 2

Sistem Pendidikan

STRUKTUR KURIKULUM

  • Struktur Kurikulum untuk Program Magister meliputi Mata Kuliah Wajib, Mata Kuliah Pilihan,  Mata Kuliah Prasyarat   (Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Mata Kuliah Tambahan sebagai matrikulasi), Keahlian Komprehensif, Seminar Proposal Tesis, Proposal Tesis, Work in Progress Tesis, dan Tesis.
  • Struktur Kurikulum untuk Program Doktor meliputi Mata Kuliah Wajib, Mata Kuliah Pilihan,  Mata Kuliah Prasyarat   (Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Mata Kuliah Tambahan sebagai matrikulasi), Keahlian Komprehensif, Seminar Proposal Disertasi, Proposal Disertasi, Work in Progress Disertasi, Pendahuluan Disertasi dan Disertasi.
  • Jenis-jenis ujian untuk penyelesaian studi Program Magister dan Doktor adalah Ujian Mata Kuliah (Mata Kuliah Wajib, Pilihan dan Prasyarat), Seminar Proposal, Ujian Proposal, Ujian Komprehensif, Work in Progress, Ujian Pendahuluan, dan Ujian Promosi Tesis/Disertasi.
  • Yang dicantumkan dalam transkrip akademik meliputi semua nama mata kuliah (wajib, pilihan dan prasyarat) yang pernah diambil dan lulus serta semua tahapan kegiatan akademik lain (seminar proposal, ujian proposal, ujian keahlian komprehensif, ujian work in progress, ujian pendahuluan dan ujian promosi), status program (tesis atau non-tesis), atau jika sampai kepada penyelesaian tesis/disertasi maka ditulis judulnya.


BEBAN STUDI

  • Beban Studi Program Magister Jalur Tesis sekurang-kurangnya 46 (empat puluh enam) sks dan sebanyak-banyaknya 50 (lima puluh) sks, yang dijadualkan untuk 4 (empat) semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 4 (empat) semester dan selama-lamanya 8 (delapan) semester termasuk penyusunan Tesis.
  • Beban Studi Program Magister Jalur Non Tesis sekurang-kurangnya 46 (empat puluh enam) sks terdiri atas mata kuliah wajib, mata kuliah pilihan, mata kuliah prasyarat (bahasa Arab, Inggris dan mata kuliah tambahan sebagai matrikulasi), seminar proposal/seminar karya ilmiah dan keahlian komprehensif yang dijadualkan untuk 4 (empat) semester dan selama-lamanya 8 (delapan) semester. Mahasiswa lulusan Program Magister Jalur Non Tesis tidak kualifaid melanjutkan studi di Program Doktor Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
  • Beban Studi Program Master of Philosophy (M.Phil) sekurang-kurangnya 48 (empat puluh delapan) sks terdiri atas mata kuliah wajib, mata kuliah pilihan, mata kuliah prasyarat (bahasa Arab, Inggris dan mata kuliah tambahan sebagai matrikulasi), seminar proposal dan keahlian komprehensif yang dijadualkan untuk 4 (empat) semester dan selama-lamanya 10 (sepuluh) semester. Tidak ada beban Ujian Pendahuluan Disertasi, Work in Progress dan Ujian Promosi Disertasi.
  • Beban Studi Program Doktor  sekurang-kurangnya 58 (lima puluh delapan) sks dan sebanyak-banyaknya 62 (enam puluh dua) sks yang dijadualkan untuk 4 (empat) semester dan selama-lamanya 10 (sepuluh) semester, termasuk penyusunan Disertasi.
  • Beban Studi Program Doktor By Research sekurang-kurangnya lulus dua Mata Kuliah Wajib dan Mata Kuliah Seminar Proposal Disertasi
  • Mahasiswa Program Magister angkatan Semester Genap 2008/2009 diwajibkan lulus dalam satu mata kuliah yang menggunakan pengantar Bahasa Arab dan satu mata kuliah yang menggunakan pengantar Bahasa Inggris.
  • Mahasiswa Program Doktor angkatan Semester Genap 2008/2009 diwajibkan lulus dalam tiga mata kuliah berbahasa asing, yaitu satu atau dua mata kuliah berbahasa Arab dan satu atau dua mata kuliah berbahasa Inggris.  
  • Mahasiswa Program Magister dan Doktor sebelum angkatan Semester Genap 2008/2009 dianjurkan lulus dalam satu atau lebih mata kuliah yang menggunakan pengantar Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.
  • Peserta Program Magister dan Doktor yang berlatar belakang pendidikan tidak sebidang berkewajiban mengambil minimal 2 mata kuliah tambahan sebagai matrikulasi.
  • Peserta Program Magister dan Doktor yang kurang memenuhi syarat secara penuh tetapi dapat dipertimbangkan untuk diterima, berkewajiban memenuhi beban akademik tambahan sesuai dengan keputusan pimpinan termasuk pengawasan khusus dalam masa studi tertentu (misalnya 1 tahun pertama). Hasil evaluasi terhadap pengawasan ini dapat berupa pemutusan studi jika tidak memenuhi persyaratan.


MATA KULIAH WAJIB

  • Mata Kuliah Wajib adalah mata kuliah yang wajib diambil seluruh mahasiswa Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, baik Program Magister atau Doktor pada semua Program Studi.
  • Mata Kuliah Wajib untuk Program Magister adalah mata kuliah "Kajian Islam Komprehensif" dan "Pendekatan dan Metodologi Studi Islam";
  • Mata Kuliah Wajib untuk Program Doktor adalah mata kuliah "Kajian Islam Komprehensif", "Pendekatan dan Metodologi Studi Islam", dan "Metodologi Penelitian Studi Islam".
  • Program Doktor yang telah mengambil mata kuliah "Kajian Islam Komprehensif" dan "Pendekatan dan Metodologi Studi Islam" ketika kuliah di Program Magister, wajib menggantinya dengan 2 mata kuliah lain yang fungsinya menjadi Mata Kuliah Pilihan.
  • Mulai Maret 2009, Mata Kuliah Wajib ada yang ditawarkan dengan menggunakan pengantar bahasa Arab atau Inggris.


MATA KULIAH PILIHAN

  • Mata Kuliah Pilihan adalah mata kuliah yang ditawarkan di luar Mata Kuliah Wajib.
  • Mata Kuliah Pilihan bagi Program Magister minimal 6 mata kuliah dan bagi Doktor minimal 5 mata kuliah. Jika 2 Mata Kuliah Wajib ("Kajian Islam Komprehensif" dan "Pendekatan dan Metodologi Studi Islam") telah diambil pada Program Magister maka jumlah Mata Kuliah Pilihan bagi Program Doktor menjadi minimal 7 mata kuliah.
  • Mata Kuliah Pilihan yang telah diambil pada Program Magister tidak diperbolehkan lagi diambil di Program Doktor.
  • Mulai Maret 2009, Mata Kuliah Pilihan ada yang ditawarkan dengan menggunakan pengantar bahasa Arab atau Inggris.


REMEDIAL BAHASA

  • Kemampuan berbahasa Arab (TOAFL) dan bahasa Inggris (TOEFL) merupakan prasyarat dan masuk dan keluar bagi Program Magister dan Doktor untuk semua jalur (Magister Jalur Tesis dan Non Tesis, M.Phil dan Doktor).
  • Mahasiswa Program Magister yang tidak memenuhi skor TOAFL dan/atau TOEFL minimal 450, dan mahasiswa Program Doktor yang tidak memenuhi skor TOAFL dan/atau TOEFL minimal 500, diwajibkan mengikuti Kuliah Remedial Bahasa di awal masa studi di Pusat Bahasa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
  • Mahasiswa yang telah memperoleh skor minimal bagi persyaratan masuk Program Magister atau Doktor diberikan sertifikat dari Pusat Bahasa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sertifikat ini berlaku sampai dengan masa penyelesaian studi di Program Magister atau Doktor.
  • Mahasiswa yang masih mempunyai beban remedial 2 bahasa (Arab dan Inggris) tidak diperkenankan mengambil mata kuliah secara penuh bergantung kepada besar kecilnya skor.
  • Kuliah Remedial Bahasa tidak dapat menggantikan posisi perolehan sertifikat TOAFL atau TOEFL melainkan hanya sarana bagi mahasiswa untuk membantu perolehan kedua sertifikat tersebut. Remedial Bahasa diarahkan agar para mahasiswa mampu memperoleh kemampuan bahasa Arab dan/atau Inggris sampai skor tertentu sesuai yang disyaratkan.
  • Perkuliahan Remedial Bahasa diselenggarakan selama 1 semester (Semester I) bekerjasama dengan Pusat Bahasa UIN Jakarta. Mahasiswa yang tidak mencapai skor minimal yang dipersyaratkan  pada masa tersebut, masih dibebani remedial bahasa tetapi di luar koordinasi Sekolah Pascasarjana.
  • Peserta yang telah mengikuti ujian TOEFL/TOAFL selama maksimal 2 tahun dan telah memperoleh skor minimal 425 untuk Program Magister dan 475 untuk Program Doktor, dapat menggantinya dengan Ujian Text Comprehension.
  • Mata Kuliah Remedial Bahasa tidak dicantumkan dalam transkrip akademik.


MATA KULIAH MATRIKULASI

  • Mahasiswa Program Magister dan/atau Doktor yang berlatar belakang pendidikan non Kajian Islam diwajibkan mengambil Mata Kuliah Matrikulasi.
  • Mata Kuliah Matrikulasi dapat diambil pada jenjang Sarjana (S1) atau jenjang Pascasarjana. Pengambilan Mata Kuliah Matrikulasi pada jenjang Sarjana (S1) wajib berkoordinasi dengan Sekolah Pascasarjana dan Fakultas serta Program Studi terkait.
  • Mata Kuliah Matrikulasi ditetapkan oleh Pimpinan.
  • Kewajiban dan/atau pembebasan Mata Kuliah Matrikulasi dicantumkan dalam form/berita acara yang disediakan.
  • Mata Kuliah Matrikulasi minimal 2 mata kuliah dan maksimal 4 mata kuliah.
  • Mata Kuliah Matrikulasi dicantumkan dalam transkrip akademik dengan bobot 0 (nol) sks. Nilai kelulusan minimal C+ (65-69).
  • Pelaksanaan teknis perkuliahan matrikulasi dicantumkan dalam Berita Acara Matrikulasi.


UJIAN KOMPREHENSIF

  • Mahasiswa Program Magister dan Doktor diwajibkan lulus Ujian Komprehensif tulisan dan lisan.
  • Ujian Komprehensif dapat diikuti mahasiswa yang telah lulus minimal 20 sks Mata Kuliah dan lulus Bahasa Arab dan Inggris.
  • Materi Ujian Komprehensif meliputi aspek pemikiran, kelembagaan, sejarah dan perkembangan Islam modern.


    • Sebelum ujian, mahasiswa mengajukan 3 tema untuk masing-masing aspek materi ujian beserta literatur utamanya.
    • Jumlah literatur  utama untuk masing-masing tema minimal 10 judul artikel/buku untuk program Magister dan 20 judul artikel/buku untuk program Doktor.
    • Pada saat ujian tulis, mahasiswa mengerjakan 1 soal dari 3 soal yang disediakan untuk masing-masing aspek. Waktu yang disediakan untuk masing-masing soal adalah 2 jam, dan semua ujian diselesaikan dalam 2 hari.
    • Ujian lisan dilaksanakan seminggu setelah ujian tulis selama 2 jam untuk semua materi.


  • Tim penguji Ujian Komprehensif lisan terdiri atas 2 orang untuk jenjang Magister dan 3 orang untuk jenjang Doktor.
  • Peserta Program Magister yang 2 kali tidak lulus Ujian Komprehensif dapat mengambil jalur Non-Tesis dan bahan ujian komprehensif ini dijadikan makalah ilmiah pengganti Ujian Komprehensif serta menambah sejumlah mata kuliah sesuai ketentuan.
  • Peserta Program Doktor yang 2 kali tidak lulus Ujian Komprehensif tetapi memenuhi jumlah sks yang ditetapkan dapat diberikan ijazah Master of Philosophy (M.Phil).
  • Contoh pengajuan ujian komprehensif:


    Judul tesis/disertasi: KRITIK METODOLOGI HADITS KONTEMPORER
    Aspek Pemikiran:
    Teknis pelaksanaan ujian:
    1. Konsep ‘udūl (sertakan minimal 10-20 literatur)
    2. Hadits dalam Perspektif Kalam Mu’tazilah (sertakan minimal 10-20 literatur)
    3. Hadits dan Pemikiran Salafi di Indonesia (sertakan minimal 10-20 literatur)

    Aspek Kelembagaan:
    1. Lembaga pengajaran hadits (sertakan minimal 10-20 literatur)
    2. Hadits dan Lembaga Politik (sertakan minimal 10-20 literatur)
    3. Hadits dalam Fatwa MUI (sertakan minimal 10-20 literatur)

    Aspek Sejarah dan Perkembangan Islam Modern:
    1. Kritik Hadits pada Masa Tabiin (sertakan minimal 10-20 literatur)
    2. Ulama Hadits pada masa Abbasiyyah (sertakan minimal 10-20 literatur)
    3. Inkar sunnah (sertakan minimal 10-20 literatur)


SEMINAR PROPOSAL

  • Semua Mahasiswa Program Magister dan Doktor diwajibkan mengikuti kuliah Seminar Proposal pada semester I perkuliahan.
  • Seminar Proposal disediakan dalam pengantar bahasa Indonesia, Arab dan Inggris.
  • Mahasiswa yang tidak lulus kuliah Seminar Proposal tidak diperbolehkan menempuh ujian proposal tesis atau disertasi.
  • Proposal tesis atau disertasi yang sudah diseminarkan dan dinyatakan lulus tidak berarti lulus pula dalam Ujian Proposal Tesis atau Disertasi.
  • Proposal tesis atau disertasi yang sudah diseminarkan dapat dimajukan ke dalam Ujian Proposal Tesis atau Disertasi.


I.   UJIAN PROPOSAL

  • Proposal yang dimajukan dalam Ujian Proposal dapat berasal dari proposal yang sudah diseminarkan di kuliah Seminar Proposal.
  • Nilai lulus untuk Ujian Proposal Tesis minimal 70 dan untuk Ujian Proposal Disertasi minimal 75.
  • Jika 2 kali ujian proposal tidak lulus maka peserta Program Magister dapat dialihkan ke Jalur Non-Tesis, dan bagi Program Doktor diberikan ijazah Master of Philosophy (M.Phil).


J.    WORK IN PROGRESS DAN VERIFIKASI

  • Mulai Maret 2009, tesis atau disertasi dapat diujikan setelah melalui Work in Progress sekurang-kurangnya dua kali, dengan cara mempresentasikannya di hadapan Tim Penguji.
  • Tim Penguji Work in Progress bertugas memberi komentar dan saran untuk perbaikan penulisan tesis atau disertasi, serta memberi nilai.
  • Nilai Work in Progress tesis atau disertasi merupakan kumulasi dari keseluruhan Work in Progress mahasiswa yang bersangkutan.
  • Tesis atau disertasi yang sudah disajikan dalam Work in Progress serta sudah diperbaiki masih harus diverifikasi akhir oleh Tim Verifikasi.


K.    UJIAN TESIS

  • Tesis yang telah mendapat persetujuan dari Pembimbing dapat dimajukan ke Sidang Ujian Tesis setelah melalui Work in Progress dan Verifikasi.
  • Tim Penguji Tesis terdiri atas Pembimbing, 2 Penguji (eksternal dan internal baik dalam hal kelembagaan maupun keilmuan) dan Ketua.
  • Pembimbing bertindak selaku Penguji karena tesis merupakan karya mandiri mahasiswa.
  • Tesis yang tidak lulus dalam ujian dapat diperbaiki, kemudian diujikan kembali setelah mendapat persetujuan dari Tim Penguji awal.
  • Mahasiswa Jalur Tesis yang tidak lulus dua kali Ujian Tesis bisa dialihkan ke Jalur Non-Tesis dengan menambah sejumlah Mata Kuliah Pilihan sesuai ketentuan.
  • Tesis yang dinyatakan tidak lulus dalam ujian dapat dikonversi oleh Tim menjadi satu mata kuliah dengan bobot 4 sks dan diberi nama sesuai dengan tema tesis tersebut.


L.    UJIAN PENDAHULUAN DISERTASI

  • Disertasi yang telah disetujui Pembimbing Utama (Promotor) dan Pembimbing Pembantu (Ko-Promotor) dapat dimajukan ke Ujian Pendahuluan Disertasi setelah melalui Work in Progress dan Verifikasi.
  • Tim Penguji Ujian Pendahuluan Disertasi terdiri atas Guru Besar yang bertindak sebagai Pembimbing, 3 Penguji dan Ketua Sidang.
  • Dua dari 3 Penguji berasal dari luar (external examiner) dalam hal kelembagaan dan keilmuan.
  • Disertasi yang tidak lulus dalam Ujian Pendahuluan dapat diperbaiki, kemudian diujikan kembali setelah mendapat persetujuan dari Tim Penguji awal.
  • Apabila Ujian Pendahuluan Disertasi yang kedua tidak lulus maka mahasiswa yang bersangkutan dapat diberikan ijazah Master of Philosophy (M.Phil). tetapi tidak diijinkan melanjutkan Program Doktor.
  • Disertasi yang dinyatakan tidak lulus dalam Ujian Pendahuluan Kedua, setelah diperbaiki sesuai komentar dan saran Penguji, dapat dikonversi oleh Tim menjadi dua mata kuliah dengan bobot 8 sks dan diberi nama sesuai dengan tema disertasi tersebut.
  • Nilai mata kuliah hasil konversi dari disertasi tersebut paling tinggi 75 (B).


M.    UJIAN PROMOSI DOKTOR

  • Mahasiswa Program Doktor yang telah lulus dan memperbaiki Disertasinya sesuai catatan dalam Ujian Pendahuluan Disertasi dapat menempuh Ujian Promosi Doktor.
  • Ujian Promosi Doktor dimaksudkan mempromosikan hasil temuan penelitiannya di hadapan publik.
  • Ujian Promosi Doktor selalu menghasilkan kelulusan, kecuali ada alasan dan bukti kuat untuk tidak meluluskannya.
  • Tim Penguji Ujian Promosi Doktor diusahakan sama dengan Tim Penguji Ujian Pendahuluan Disertasi yang bersangkutan.