Ujian Tesis Muhammad Rifqi: تأثير البيئة اللغوية والدافعية التعلمية في مهارة الكتابة العربية لدى الطلاب بجامعة الإمام الشافعي جي أنجور
Ujian Tesis Muhammad Rifqi: تأثير البيئة اللغوية والدافعية التعلمية في مهارة الكتابة العربية لدى الطلاب بجامعة الإمام الشافعي جي أنجور

Ruang Teater SPs UIN Jakarta, BERITA SEKOLAH: Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar ujian tesis ke-2724 di ruang teater  pada Kamis, 29 Agustus 2024 dengan kandidat Muhammad Rifqi.

Muhammad Rifqi merupakan mahasiswa program magister Pengkajian Islam dengan konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab. Rifqi menulis tesis berjudul “تأثير البيئة اللغوية والدافعية التعلمية في مهارة الكتابة العربية لدى الطلاب بجامعة الإمام الشافعي جي أنجور ”.

Dalam tesisnya, Rifqi membahas pengaruh lingkungan bahasa dan motivasi belajar terhadap keterampilan menulis bahasa Arab mahasiswa STAI (Sekolah Tinggi Agama Islam) Cianjur.

Berdasarkan penelitiannya, Rifqi menemukan bahwa lingkungan bahasa lebih berpengaruh terhadap keterampilan dan kemampuan menulis bahasa Arab pada mahasiswa STAI Cianjur daripada hanya motivasi belajar tanpa didukung oleh lingkungan yang berbahasa. Ia menyatakan bahwa “dengan adanya lingkungan bahasa maka dapat dipastikan adanya penguasaan terhadap keterampilan menulis, dan sebaliknya jika lingkungan bahasa tidak ada, maka penguasaan dan keterampilan tersebut juga tidak akan ditemukan”.

Menurut Rifqi, lingkungan yang ideal bagi mereka yang memiliki keterampilan dan kemampuan menulis yang mahir akan berpengaruh dua kali lipat jika dibandingkan dengan mereka yang tidak tinggal di lingkungan yang ideal. Adapun terkait pengaruh motivasi belajar, seberapapun tinggi atau rendahnya motivasi belajar mahasiswa, hal ini tidak menjamin keterampilan menulis mereka. Karena tidak ada perbedaan  antara mahasiswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan rendah dalam tingkat keterampilan menulis mereka.

Tesis ini  mendukung teori sosiokultural yang mengatakan bahwa interaksi sosial antara murid dan lingkungannya memainkan peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran, terutama guru dan teman sebagai zona perkembangan mereka yang paling dekat.

Muhammad Rifqi berhasil mempertahankan tesisnya di bawah bimbingan Dr. Mohammad Syairozi Dimaythi Ilyas, MA dan Dr. Ubaid Ridlo, MA dan di hadapan para penguji yang terdiri dari Prof. Dr. Yusuf Rahman, MA, Dr. Mohammad Syairozi Dimaythi Ilyas, MA, Dr. Ubaid Ridlo, MA, Dr. Achmad Fudhaili, M.Pd dan Dr. Maswani, MA.

Setelah memperhatikan penulisan tesis, komentar tim penguji dan jawaban kandidat, tim penguji menetapkan bahwa Muhammad Rifqi dinyatakan lulus dalam ujian tesis dengan predikat Sangat Memuaskan dan ditetapkan sebagai magister ke-2724 dalam bidang Pengkajian Islam pada Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Nurul Afifah/Hafidhoh/JA)