Ujian Promosi Doktor Nia Kumaladewi: Pengaruh Religiositas dan Ekspektasi Pelanggan terhadap Behavioral Intentions to Continue Melalui E-Services Quality dan Kepuasan Pelanggan
Ujian Promosi Doktor Nia Kumaladewi: Pengaruh Religiositas dan Ekspektasi Pelanggan terhadap Behavioral Intentions to Continue Melalui E-Services Quality dan Kepuasan Pelanggan

Auditorium Prof. Dr. Suwito, MA SPs UIN Jakarta, BERITA SEKOLAH: Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar Ujian Promosi Doktor ke-1592 di Ruang Auditorium Prof. Dr. Suwito, MA, pada tanggal 23 Oktober 2024 dengan promovenda Nia Kumaladewi.

Nia Kumaladewi mahasiswa program studi Doktor Pengkajian Islam konsentrasi Agama dan Sains. Nia menulis disertasi yang berjudul “Pengaruh Religiositas dan Ekspektasi Pelanggan terhadap Behavioral Intentions to Continue Melalui E-Services Quality dan Kepuasan Pelanggan”. Dalam penelitiannya, Nia menyatakan bahwa ekspektasi pelanggan dan religiositas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan serta mutu layanan elektronik. Selain itu, kepuasan pelanggan berperan penting dalam meningkatkan niat keberlanjutan penggunaan layanan BSI Mobile.

Penelitian yang dilakukan oleh Nia Kumaladewi memberikan beberapa implikasi praktis bagi manajemen BSI untuk dapat meningkatkan kualitas layanan elektronik dan mempertahankan kepuasan serta kesetiaan pelanggan. Dalam hal ini, manajemen harus memperbaiki aplikasi Mobile BSI dengan menerapkan kebijakan seperti digitalisasi layanan perbankan, peningkatan keamanan data, dan peningkatan responsivitas terhadap masalah nasabah. 

Selain itu, manajemen juga harus belajar tentang kebutuhan pelanggan melalui survey dan segmentasi, dan membuat inovasi layanan yang sesuai dengan tren teknologi terbaru. Dalam memberikan fasilitas yang mendukung aktivitas keagamaan, aspek religiositas juga harus dipertimbangkan. Religiositas dan ekspetasi pelanggan berdampak positif pada kualitas layanan dan kepuasan pelanggan yang pada gilirannya dapat memperkuat niat mereka untuk terus menggunakan aplikasi Mobile BSI, terutama jika strategi layanannya selaras dengan nilai-nilai keagamaan pelanggan.

Menurut Nia, kepuasan pelanggan adalah mediator yang sangat penting dalam menjembatani hubungan antara kualitas layanan elektronik dengan niat untuk terus menggunakannya, religiositas, dan ekspektasi pelanggan. Oleh karena itu, meningkatkan kepuasan pelanggan harus menjadi fokus utama dalam strategi untuk mempertahankan dan meningkatkan keberlanjutan penggunaan aplikasi Mobile BSI.

Nia Kumaladewi berhasil mempertahankan disertasinya dibawah bimbingan Prof. Dr. Dede Rosyada, MA, Prof. Erma Suryani, ST, MT, Ph.D dan Ir. Nashrul Hakiem, S.Si, MT, Ph.D, dan diuji dihadapan dewan penguji yang terdiri dari Prof. Dr. Zulkifli, MA, Prof. Dr. Syopiansyah Jaya Putra, M.Sis, Prof. Dr. Kadir, M.Pd, dan Prof. Nur Hidayah, S.Ag, SE, MA, MA, Ph.D.

Setelah memperhatikan penulisan disertasi, komentar tim penguji dan jawaban promovenda, tim penguji menetapkan bahwa Nia Kumaladewi lulus dengan predikat Sangat Memuaskan. Nia Kumaladewi merupakan doktor ke-1592 dalam bidang Doktor Pengkajian Islam Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (Endang Susanti/JA)