Ujian Tesis Rina Eli Ermawati, Manajemen Mutu Pembelajaran Tahfiz Al-Qur'an di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang
Auditorium Prof. Dr. Suwito, MA SPs UIN Jakarta, BERITA SPs: Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar Ujian Tesis Magister Ke-2759 di Ruang Auditorium Prof. Dr. Suwito, MA SPs UIN Jakarta, pada Rabu, 2 Juli 2025 dengan kandidat Rina Eli Ermawati.
Rina Eli Ermawati merupakan mahasiswa program studi Magister Pengkajian Islam konsentrasi Pendidikan Agama Islam. Rina menulis tesis berjudul "Manajemen Mutu Pembelajaran Tahfiz Al-Qur'an di Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an Tangerang"
Penelitian Rina berfokus pada analisis efektivitas manajemen mutu pembelajaran tahfidz Al-Quran dan langkah-langkah konkret yang diterapkan di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang. Sebagai penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif, Rina melakukan pengamatan langsung terhadap tindakan dan interaksi di lingkungan pesantren. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, memastikan kelengkapan dan validitas temuan.
Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang menjadi objek studi yang relevan karena kemampuannya memadukan pendidikan formal dengan pendidikan pesantren. Salah satu program unggulan yang menjadi sorotan utama dalam penelitian ini adalah pembelajaran tahfidz Al-Qur’an. Fokus Rina pada manajemen mutu pembelajaran tahfidz Al-Qur’an diharapkan dapat mengungkap praktik terbaik dalam pengelolaan program unggulan ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen mutu pembelajaran tahfidz Al-Quran di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang sangat berorientasi pada kualitas. Seluruh aspek pembelajaran, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, hingga evaluasi, dilakukan dengan berlandaskan mutu. Ini mencakup mutu input (misalnya, kualitas santri dan pengajar), mutu proses (metode pengajaran), dan mutu output (kualitas hafalan santri).
Rina mengidentifikasi empat tahapan utama dalam penerapan manajemen mutu pembelajaran tahfidz Al-Quran di pesantren ini: perencanaan pembelajaran, pengorganisasian, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Dalam perencanaan, pesantren menetapkan tujuan, standar mutu, dan strategi pembelajaran. Aspek pengorganisasian diwujudkan dalam struktur manajemen tahfidz yang jelas, melibatkan Kepala Biro Tahfidz, Kepala Tahfidz, Wakil Kepala, Sekretaris, Bendahara, serta penanggung jawab sarana prasarana dan kedisiplinan guru serta santri, masing-masing dengan peran dan tugasnya.
Pada aspek pelaksanaan, manajemen mutu di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an mencakup langkah-langkah pembelajaran yang sistematis, metode yang digunakan, pengelolaan lingkungan belajar yang kondusif, serta identifikasi faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran. Evaluasi hafalan Al-Qur’an, yang dikenal sebagai "setoran hafalan", dilakukan secara berkala, meliputi setoran harian, kelipatan satu juz, pekanan, per semester, dan tahunan, memastikan kualitas hafalan santri terjaga.
Penelitian Rina ini memiliki perbedaan signifikan dengan yang dilakukan oleh Mahfuzh Fauzi yang hanya mengkaji kurikulum pembelajaran tahfidz. Sedangkan penelitian Rina mengkaji manajemen mutu pembelajaran tahfidz secara mendalam, termasuk langkah-langkah konkret peningkatan mutu. Kesamaan penelitian ini adalah lokasi studinya, yaitu Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an.
Rina Eli Ermawati berhasil mempertahankan tesisnya di bawah bimbingan Prof. Dr. Armai Arief, M.Ag dan Prof. Muhammad Zuhdi, M.Ed, Ph.D, dan diuji di hadapan dewan penguji yang terdiri atas Prof. Dr. Yusuf Rahman, MA, Prof. Muhammad Zuhdi, M.Ed, Ph.D, Suparto, M.Ed, Ph.D dan Dr. Suwendi, M.Ag.
Setelah memperhatikan penulisan tesis, komentar tim penguji dan jawaban kandidat, tim penguji menetapkan bahwa Rina Eli Ermawati lulus dengan predikat Sangat Memuaskan. Rina Eli Ermawati merupakan magister ke-2759 dalam bidang Pengkajian Islam, pada program magister Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.(JA)