Sekolah Pascasarjana | Pengambilan Mata Kuliah dan Pejelasan Perkuliahan Semester Genap 2018/2019
Pengambilan mata kuliah, teknis pengambilan mata kuliah, perkuliahan, spsuinjkt, magister, doktor, pengkajian islam, 2019
20490
post-template-default,single,single-post,postid-20490,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,side_area_uncovered_from_content,qode-child-theme-ver-1.0.0,qode-theme-ver-13.1.2,qode-theme-bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-5.4.5,vc_responsive

Pengambilan Mata Kuliah dan Pejelasan Perkuliahan Semester Genap 2018/2019

Pengambilan Mata Kuliah dan Pejelasan Perkuliahan Semester Genap 2018/2019

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Berikut kami sampaikan penjelasan tambahan atas Keputusan Direktur Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Nomor: 2 Tahun 2019 tentang Mata Kuliah Program Magister dan Doktor Pengkajian Islam Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Angkatan Semester Genap Tahun Akademik 2018/2019:

I. PROGRAM MAGISTER

  1. Untuk mengatasi kesenjangan penguasaan ilmu-ilmu agama Islam di antara mahasiswa, Program Magister dibagi menjadi dua kelas, meski pelaksanaannya sangat fleksibel, yakni:
    1. Kelas konsentrasi, diikuti oleh mahasiwa yang berlatar belakang S1 prodi ilmu agama Islam.
    2. Kelas lintas disiplin, diikuti oleh mahasiswa yang berlatar belakang S1 bukan prodi ilmu agama Islam.
  2. Mahasiswa bisa mengambil mata kuliah maksimal 5 (lima) mata kuliah, dengan ketentuan mata kuliah bahasa, mata kuliah matrikulasi dan mata kuliah wajib harus diambil terlebih dahulu. Mata kuliah wajib Program Magister adalah: (1) Quranic Exegesis and Hadith, (2) Islamic Thought, (3) Islamic Law, (4) History of Islamic Civilization, (5) Approaches to Islamic Studies, (6) M.A. Research Methodology, dan (7) Seminar for Thesis Proposal.
  3. Mahasiswa yang berlatar belakang S1 bukan prodi ilmu agama Islam diwajibkan untuk mengambil 1 (satu) mata kuliah matrikulasi, yakni Introduction to Islamic Studies.
  4. Mata kuliah peminatan/pilihan dibuka jika diambil oleh minimal 10 (sepuluh) mahasiswa. Bahkan mahasiswa dengan jumlah minimal 10 orang bisa juga mengusulkan pembukaan mata kuliah (peminatan/pilihan) yang tidak ditawarkan. Perkuliahan mata kuliah peminatan/pilihan ini bisa digabung antara mahasiswa Program Magister dengan mahasiswa Program Doktor.

 

II. PROGRAM DOKTOR

  1. Untuk mengatasi kesenjangan penguasaan ilmu-ilmu agama Islam di antara mahasiswa, Program Doktor dibagi menjadi dua kelas, yang pelaksanaannya sangat fleksibel, yakni:
    1. Kelas konsentrasi, diikuti oleh mahasiwa yang berlatar belakang S1 dan S2 Prodi ilmu agama Islam.
    2. Kelas lintas disiplin, diikuti oleh mahasiswa yang berlatar belakang S1 dan S2 bukan Prodi ilmu agama Islam, atau salah satu dari S1 dan S2 bukan Prodi ilmu agama Islam.
  2. Mahasiswa bisa mengambil mata kuliah maksimal 5 (lima) mata kuliah, dengan ketentuan mata kuliah bahasa, mata kuliah matrikulasi, dan mata kuliah wajib harus diambil terlebih dahulu. Mata kuliah wajib Program Program Doktor adalah: (1) Quranic Exegesis Method, (2) Method of Understanding Hadith, (3) Contemporary Islamic World, (4) Ph.D. Research Methodology, dan (5) Seminar for Dissertation Proposal. Untuk kelas lintas disiplin, mata kuliah al-Quran dan Hadith diberikan dengan judul (1) Thematic Study of Quranic Exegesis, dan (2) Thematic Study of Hadith.
  3. Ketentuan kuliah matrikulasi adalah sebagai berikut:
    1. Mahasiswa yang berlatar belakang S2 SPs UIN Syarif Hidayatullah tidak mengambil matrikulasi.
    2. Mahasiswa yang berlatar belakang S1 dan S2 Prodi ilmu agama Islam di luar SPs UIN Jakarta diwajibkan untuk mengambil satu mata kuliah matrikulasi, yakni Approaches to Islamic Studies.
    3. Mahasiswa yang berlatar belakang S2 bukan Prodi ilmu agama Islam tetapi S1-nya Prodi ilmu agama Islam diwajibkan untuk mengambil dua mata kuliah matrikulasi, yakni: (1) Islamic Law (atau Islamic Thought jika diminta), dan (2) Approaches to Islamic Studies.
    4. Mahasiswa yang berlatar belakang S1 dan S2 bukan Prodi ilmu agama Islam, diwajibkan mengambil 4 (empat) mata kuliah, yakni: (1) Quranic Exegesis and Hadith, (2) Islamic Thought, (3) Islamic Law, dan (4) Approaches to Islamic Studies.
  4. Mata kuliah peminatan/pilihan dibuka jika diambil oleh minimal 10 (sepuluh) mahasiswa. Bahkan mahasiswa dengan jumlah minimal 10 orang bisa juga mengusulkan pembukaan mata kuliah (peminatan/pilihan) yang tidak ditawarkan.

Demikian disampaikan untuk mendapatkan perhatian dan dipedomani.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

SK Pengambilan Mata Kuliah Program Magister dan Doktor Angkatan Semester Genap 2018/2019

Penjelasan tentang Perkuliahan bagi Mahasiswa Angkatan Semester Genap 2018/2019

Teknis Pengambilan Mata Kuliah bagi Mahasiswa Angkatan Semester Genap 2018/2019

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.